Cara dan Tips Diet Sehat untuk Ibu Saat Menyusui

Diet saat menyusui memang sering ditanyakan oleh para wanita yang sedang menyusui. Setelah melahirkan wanita memang mempunyai tubuh yang besar. Mereka pasti ingin mempunyai tubuh seperti semula.

Diet untuk orang yang menyusui memang berbeda dengan diet yang dilakukan oleh wanita yang tidak menyusui. Hal ini dikarenakan pada saat menyusui anda harus tetap memenuhi nutrisi untuk asi dan anak anda supaya tetap terjaga. Anda tak perlu khawatir, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa jenis makanan yang bisa anda konsumsi ketika menyusui untuk tetap memenuhi nutrisi bayi dan membuat berat badan menurun.

Cara Diet untuk Ibu Saat Menyusui

Bayam Dan Sayuran Hijau

Cara diet untuk ibu menyusui harus dijaga dengan baik-baik. jika dilakukan terlalu ekstrim malah akan berbahaya bagi kesehatan ibu dan bayi. Anda bisa mencoba untuk perbanyak konsumsi bayam dan jenis sayuran hijau lainnya.

cara-tips-diet-sehat-ibu-menyusui

Dengan mengkonsumsi ini, sudah bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat dan protein anda. sehingga anda tetap merasa kenyang. Selain itu bayam juga bisa membantu memperlancar produksi asi anda.buatlah sayuran menjadi salah atau direbus. Kurangi konsumsi sayuran yang ditumis dengan menggunakan minyak karena kandungan lemak di minyak yang bisa membuat gemuk.

Beras Merah

Pada saat melakukan diet, anda harus tetap memenuhi kebutuhan karbohidrat dan gula anda. sehingga anda tidak mudah lemas dan kekurangan energy pada saat menyusui. Untuk mengganti beras putih yang banyak mengandung lemak dan gula. Anda bisa menggantinya dengan beras merah. Beras merah tidak banyak mengandung gula dan rendah lemak. Jadi tidak membuat berat badan naik. Cara diet saat menyusui dengan menggunakan beras merah ini, memang banyak dianjurkan oleh para pakar diet.

Tips dan Cara Diet Sehat saat Menyusui

Daging Sapi Rendah Lemak

Untuk memenuhi nutrisi protein hewani, anda juga harus mengkonsumsi jenis daging-dagingan. Porsinya memang harus dikurangi dan harus menggunakan daging yang rendah lemak. Cara diet sehat saat menyusui ini memang harus dilakukan. Supaya kesehatan anda dan bayi anda tetap terjaga. Selain itu konsumsi daging dapat membantu perkembangan dari bayi anda dan membuat otak semakin pintar.

Anda bisa memilih daging khas dalam dan khas luar yang merupakan jenis daging yang lemaknya sedikit. Selain itu ketika mengolahnya jangan menggunakan minyak yang kandungan lemaknya tinggi.

Air Putih Dan Buah

Untuk ibu menyusui memang harus tetap konsumsi susu menyusui, untuk membantu produksi asi. Tetapi selain itu anda juga harus tetap perbanyak konsumsi air putih dan buah. Air putih akan membantu sistem metabolisme di dalam tubuh lancar dan mengeluarkan toksin di dalam tubuh.

Sedangkan buah-buahan akan membantu pemenuhan nutrisi di dalam tubuh anda. jadikan buah sebagai pengganti cemilan sehari-hari. Jadi anda tetap merasa kenyang. Tips diet saat menyusui ini sangat praktis dan mudah untuk dilakukan.

Ibu menyusui memang membutuhkan lebih banyak nutrisi dibandingkan dengan wanita yang tidak menyusui. Hal ini dikarenakan pada saat menyusui ada banyak sekali kalori yang terbuang. Oleh karena porsi dan pola makan yang baik akan membantu anda tetap sehat. Jangan makan cemilan yang banyak mengandung karbo.

Lebih baik diganti dengan konsumsi salad buah atau sayuran. Ini tetap membuat anda kenyang tetapi tidak membuat gemuk. Demikian sedikit yang bisa saya jelaskan mengenai diet saat menyusui yang benar.

Leave a Reply