Diet Tanpa Makan Nasi untuk Menurunkan Berat Badan

Nasi merupakan makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia. Berbeda dengan negara lainnya, nasi di Indonesia sering dijadikan makanan utama ketika makan besar.

Bahkan karena pola pikir ini, masyarakat berpikir bahwa mereka belum makan jika belum menyantap nasi. Memang nasi merupakan sumber karbohidrat yang berguna untuk menghasilkan energi ketika beraktivitas.

Tetapi jumlah karbohidrat yang berlebihan memberikan dampak negatif yaitu menumpuknya lemak yang ada pada tubuh. Sehingga berat badan semakin bertambah. Karena itu, diet tanpa nasi makin banyak dilakukan.

Diet Tanpa Makan Nasi Bikin Langsing

diet-tanpa-makan-nasi-untuk-langsing

Nasi merupakan makanan utama nomor 1 bagi masyarakat Indonesia. Dalam sehari, sebagian orang mengkonsumsi nasi sebanyak 3 kali. Hal ini sudah menjadi tradisi orang Indonesia. Biasanya nasi dikonsumsi dalam bersama dengan lauk pauk atau makanan berat lainnya.

Kandungan yang ada pada nasi putih yaitu air, karbohidrat dan sedikit serat. Nasi sangat mudah dicerna oleh tubuh sehingga dapat menaikkan gula darah dalam waktu yang relatif singkat tetapi juga membuat kadar gula darah cepat turun juga sehingga dapat menyebabkan rasa lapar. Nasi putih kurang cocok dipakai oleh penderita diabetes dan juga tidak cocok untuk diet karena dapat membuat cepat lapar. Kalori yang ada 1 piring nasi yaitu 250 kalori.

Makan nasi dalam jumlah yang wajar tidak membuat gemuk. Tetapi kebiasaan mengkonsumsi banyak nasi dengan lauk pauk yang banyak membuatnya diubah menjadi lemak yang menumpuk dan inilah yang membuat gemuk. Apalagi beberapa kebiasaan mencampurkan makanan berkarbohidrat seperti nasi dan mie. Ini yang membuat tubuh semakin bertambah.

Diet Sehat dengan tidak Makan Nasi

Diet tidak makan nasi dapat membuat tubuh cepat langsing karena tidak mendpaatkan asupan karbohidrat. Bila karbohidrat dalam tubuh dikurangi, maka tubuh akan mencari sumber nutrisi lainnya guna diubah menjadi energi seperti lemak misalnya. Tubuh akan mengambil lemak yang kemudian dipecah. Wajar jika diet tanpa makan nasi bikin cepat langsing.

Diet tanpa makan nasi yang dilakukan dalam satu bulan dapat menurunkan berat badan sampai 2 kilogram per bulan. Angka ini bisa ditingkatkan jika diet tanpa nasi dilakukan bersama dengan jadwal olahraga yang teratur. Untuk mendapatkan manfaat jangka panjang, sebaiknya cara diet tanpa nasi ini untuk seumur hidup.

Tidak perlu menghilangkan nasi, anda hanya cukup mengurangi porsinya. Di samping diet tanpa konsumsi nasi, anda juga harus berolahraga dengan teratur agar hasilnya maksimal.

Olahraga yang harus dikerjakan yaitu berjalan cepat, jogging, renang, dan senam aerobic minimal 30 menit sehari dan dilakukan sebanyak 1 atau 2 kali. Maka berat badan yang turun akan semakin banyak.

Mungkin banyak yang pesimistis sebelum menjalani diet tanpa nasi ini karena khawatir tidak bisa memperoleh energi tanpa makan nasi. Tetapi jangan cemas, karena ada beberapa alternatif yang dapat menunjang keberhasilan diet anda:

  • Saat sarapan hilangkan menu nasi dan bisa dicoba makan sayur dengan daging misalnya satu atau dua mangkok sayuran bayam, buncis atau kangsung dan ditambah dengan daging ayam rebus. Sebagai sumber karbohidrat alternatif, maka konsumsi saja beras merah atau kentang rebus dalam jumlah terbatas.
  • Untuk makan siang, bisa konsumsi makanan ala Sunda tapi tidak dengan nasi seperti ayam bakar dengan tahu tempe dan dilengkapi dengan lalapan serta saur asam. Nutrisi yang dikonsumsi seharusnya mengandung protein, sayur dan sedikit lemak.
  • Malam hari, porsi makan sebaiknya dikurangi daripada sarapan dan makan siang sebelumnya. Pelaku diet bisa konsumsi sayur rebus yang dibuat dengan gaya sop ditambah dengan daging ikan. Kalau masih lapar, tambahkan sayur dan serat yang dikonsumsi karena serat dapat membuat anda merasa kenyang lebih lama.

Tips Kecantikan:

tidak makan nasi bisa kurus kurus tanpa nasi tidak makan nasi bikin kurus apakah tidak makan nasi bisa kurus mengurangi nasi bisa kurus

Leave a Reply