Hal Yang Harus Diketahui Pada Perkembangan Janin 9 Bulan

Perkembangan janin 9 bulan merupakan puncak dari tahap-tahap perkembangan kandungan wanita. Yang mana pada usia kandungan 9 bulan janin sudah siap untuk lahir ke dunia. Dan pada masa-masa akhir pada kandungan wanita ini terdapat beberapa hal yang harus anda ketahui. Antara lain adalah tentang perkembangan janin itu sendiri, perubahan yang terjadi pada tubuh sang ibu yang tengah hamil dan juga apa saja yang harus kita hindari dan apa saja yang harus diperhatikan oleh wanita saat sedang hamil tua. Pada usia ini sang ibu sudah tidak boleh beraktifitas terlalu berat karena bisa menyebabkan anda menjadi kelelahan dan hal itu akan sangat berdampak buruk bagi janin. Nah supaya lebih jelasnya mari kita bahas satu persatu.
ibu-hamil-usia-janin-9-bulan
Pertama yang akan kita bahas adalah tentang perkembangan janin dalam 9 bulan yang harus dijaga dengan sangat hati-hati karena pada usia ini kandungan juga sangat rentan karena pada usia ini janin sudah siap lahir sehingga diharapkan janin bisa lahir sesuai dengan yang diharapkan dan tidak terjadi hal apapun yang bersifat negatif. Pada usia ini sang ibu harus sudah memperhatikan berat badan sang janin. Jangan terlalu kecil namun juga jangan terlalu besar. Jika terlalu kecil maka janin tentu memerlukan penanganan secara khusus. Namun jika terlalu besar maka bayi akan lebih sulit untuk dikeluarkan sehingga biasanya jika bayi terlalu besar dan pada proses persalinan mengalami kesulitan maka biasanya akan dilakukan proses operasi caesar.

Pada perkembangan janin usia 33 minggu kulit dan juga jaringan kulit pada janin sudah terbentuk dengan sempurna. Walaupun memang kulit janin masih terasa sangat lembut dan terlihat sangat rapuh namun pada tahap ini kulit janin sudah tidak lagi transparan seperti pada usia-usia sebelumnya. Dan pada tahap ini juga otak janin sudah berkembang dengan sangat pesat karena ribuan sel syaraf yang terdapat pada otak sudah mulai berkembang dengan baik. Yang mana sel-sel syaraf ini akan tetap berkembang hingga bayi lahir dan hingga nanti bayi berusia 2 tahun. Dan masa perkembangan otak pada bayi tersebut biasa disebut dengan masa keemasan bagi bayi atau Golden Age.

Baca Juga:  Perkembangan Janin 4 Bulan Dan Pembentukan Organ Tubuhnya

Selanjutnya pada perkembangan janin usia 34 minggu janin sudah mulai memiliki antibodi yang hampir sempurna. Namun tetap saja perlindungan yang paling penting adalah antibodi dari sang ibu yang mampu melindungi janin dari berbagai macam virus atau infeksi yang membahayakan. Yaitu antara lain adalah penyakit campak, gondongan dan juga flu. Pada pertama bayi dilahirkan, bayi masih membutuhkan vaksin. Hal itu karena antibodi yang terdapat pada tubuh bayi hanya akan memberi perlindungan hingga 6 bulan saja. Dan pada usia kandungan 9 bulan ini posisi kepala bayi sudah masuk ke lubang panggul sehingga posisi janin sudah tidak berubah-ubah lagi.

Dan tahap berikutnya pada perkembangan janin usia 35 minggu ini adalah bahwa bayi memiliki lempengan yang jumlah seluruhnya adalah 5 lempeng yang nantinya akan membentuk tengkorak bayi. Namun pada usia ini tengkorak bayi tidak mengeras karena memang pada usia ini lempengan tersebut tidak mengalami pengerasan pada kepalanya. Dan pada kepala janin terdapat ruang pemisah yang mana ruang pemisah tersebut akan mengkerut saat melewati jalan lahir dan setelah dilahirkan maka kepala janin akan kembali ke bentuk kepala semula. Untuk berat badan janin usia 35 minggu beratnya adalah sekitar 2.9 kg atau hingga mencapai 3 kg. Sedangkan untuk panjangnya itu sendiri adalah mencapai 48 cm.

Pada perkembangan janin usia 9 bulan dalam kandungan ini pun rambut janin sudah bisa tumbuh dengan sempurna. Hal ini terbukti karena sering kita melihat bayi-bayi yang terlahir sudah memiliki rambut yang lebat. Selain rambut, organ-organ lainnya pada bayi juga sudah mulai berkembang dengan sempurna. Dan ternyata bukan rambut kepala saja yang sudah tumbuh namun ternyata bulu mata dan juga alis juga sudah mulai tumbuh dengan sempurna. Dan pada usia ini paru-paru sang bayi juga sudah sempurna sehingga sudah tentu membuat bayi siap untuk hidup di luar rahim.

Baca Juga:  Pertumbuhan Dan Perkembangan Janin 6 Bulan Dalam Kandungan

Pada perkembangan janin usia 36 minggu ini tidak hanya bayi saja yang mengalami perubahan namun ternyata sang ibu juga mengalami beberapa perubahan dan keluhan fisik. Antara lain adalah berkurangnya cairan ketuban pada rahim, ibu hamil tua juga akan mengalami berbagai macam kontraksi palsu, nyeri punggung, cepat lelah, perubahan mood, dan juga membengkaknya payudara yang menandakan bahwa payudara tersebut siap untuk digunakan sebagai penyuplai susu untuk si jabang bayi. Pada usia kandungan ini tubuh ibu yang sedang hamil tua secara otomatis akan mengeluarkan lendir pada bagian leher rahim. Hal tersebut bertujuan untuk menutup jalan lahir dan akan mencegah janin untuk terkena infeksi. Semakin banyak lendir yang dikeluarkan maka semakin dekat pula persalinannya.

Berdasarkan perubahan fisik dan keluhan yang dirasakan oleh ibu hamil maka anda sudah sepatutnya lebih rutin untuk memeriksakan kandungan anda ke dokter ataupun ke bidan. Hal-hal yang harus diwaspadai oleh ibu hamil yaitu misalnya jika dalam dua jam ibu tidak merasakan adanya pergerakan bayi maka sebaiknya anda segera memeriksakan kandungan anda ke dokter karena umumnya perkembangan janin bayi 9 bulan pertama tentu janin sudah bisa menendang-nendang dengan kuat sehingga umumnya si ibu minimal merasakan tendangan sang janin minimal 2 kali.

Dan hal yang patut diwaspadai juga adalah perubahan yang begitu drastis pada ibu hamil yang berupa pembengkakan yang terjadi di beberapa bagian tubuh, antara lain adalah tangan kaki, wajah dan anggota-anggota tubuh yang lain. Jika hal ini terjadi kepada anda pada perkembangan janin bayi usia 9 bulan maka sebaiknya anda segera memeriksakan diri anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang intensif. Pada tahap ini harusnya si ibu sudah merasakan adanya tanda-tanda akan melahirkan atau adanya kontraksi yang menandakan bahwa sang bayi sudah meminta dikeluarkan dari rahim anda. Jika hingga usia kandungan 41 minggu belum terdapat tanda-tanda akan melahirkan maka bisa jadi hal tersebut dikarenakan adanya gangguan pada kandungan anda. Sehingga jika hal ini terjadi kepada anda maka anda harus segera memeriksakan diri kepada dokter atau bidan untuk bertanya lebih jelas dan berkonsultasi tentang Perkembangan janin 9 bulan.

Baca Juga:  Perkembangan Janin 1 Bulan Pertama dalam Kandungan

Deskripsi: Perkembangan janin 9 bulan ini harus dipahami dengan betul supaya anda tidak mengalami berbagai macam keluhan dan mempermudah anda dalam proses persalinan.

Leave a Reply