Perkembangan Janin 1 Bulan Pertama dalam Kandungan

Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas sedikit tentang perkembangan janin 1 bulan. Berita kehamilan menjadi berita yang akan sangat membahagiakan untuk suami dan seluruh anggota keluarga anda. Biasanya seorang wanita yang belum pernah mengalami masa kehamilan, ia cenderung tidak begitu paham tentang kehamilan. Jangan masalah kehamilan, kehamilan pertama yang dirasakan oleh seorang wanita biasanya lebih lambat.

Bahkan sampai janin sudah berumur 4 minggu alias 1 bulan pun terkadang mereka belum bisa mengetahuinya apabila tidak pergi ke bidan atau dokter. Mengapa demikian? Karena usia kandungan yang masih di bawah 1 bulan ini belum memperlihatkan masa kehamilan sama sekali selain itu perkembangan janin bayi 1 bulan pertama masih belum memperlihatkan kehamilan.

Banyak orang yang mengatakan pada saat anda hamil akan diberi ciri khas dengan perut anda yang akan bertambah besar. Akan tetapi jika masa kehamilan masih dalam bulan pertama, anda belum bisa melihat perkembangannya dengan perut anda yang bertambah besar.

Perkembangan dan Ciri Ibu Hamil Di Usia 1 Bulan

Sebelum membahas lebih lanjut lagi, anda kenali terlebih dahulu ciri-ciri kehamilan pada bulan awal ini. Meskipun ini merupakan kehamilan pertama anda, sebaiknya anda juga harus mengetahui atau mengenali ciri-ciri kehamilan. Anda tidak akan mengetahui kehamilan anda jika hanya melihat perubahan perut anda. Anda juga memerlukan wawasan kehamilan lainnya, untuk mengetahui ciri-ciri masa kehamilan pertama anda.

Perkembangan Janin 1 Bulan Pertama dalam Kandungan

Anda sebagai wanita tentunya akan lebih peka terhadap perubahan fisik anda. Apalagi pada saat anda mengalami masa kehamilan, tentunya sejak awal pasti anda sudah mencurigai bahwa anda sedang hamil. Karena secara fisik, ada perubahan yang sangat terlihat atau secara drastis ada perbedaan pada saat anda hamil, dan pada saat anda tidak hamil. Saat perkembangan janin usia 1 bulan atau masa kehamilan 1 bulan pertama pasti membawakan perubahan.

Baca Juga :

Tanda – Tanda Kehamilan Satu Bulan yang Wajib Diketahui

Jus Buah Buahan yang Baik untuk Ibu Hamil

Ciri Ciri Kehamilan Pada Minggu Pertama

Rangsangan Untuk Memaksimalkan Perkembangan Bayi 1 Bulan

Perubahan yang terjadi pada ibu hamil di awal bulan bisa dari sisi emosional maupun secara fisik. Perkembangan ibu hamil pada kehamilan 1 bulan pertama dapat dilihat dari perubahan emosional atau psikisnya maupun secara fisik. Berikut ini adalah ciri-ciri secara psikologis atau emosional saat ibu hamil di bulan pertama. Perubahan psikologis ibu pada kehamilan bulan pertamanya terlihat dari adanya gangguan kecemasan.

Perkembangan Janin usia 1 Bulan dalam Kandungan

Hal ini bisa terjadi karena menunggu kehamilan yang datang akan membuat wanita emosionalnya lebih terpacu sehingga timbullah masa harap-harap cemas antara hamil atau tidak. Kemudian ciri kedua pada saat perkembangan janin dalam 1 bulan atau masa kehamilan 1 bulan adalah anda akan merasa senang dan bingung yang bersamaan. Jika anda sedang merencanakan kehamilan anda, anda tentunya akan merasa senang dengan berita kehamilan tersebut, namun juga sekaligus bingung karena itu merupakan kehamilan pertama anda.

Kemudian bagaimana perubahan fisik yang terlihat oleh ibu hamil dibulan pertama ini. Ada beberapa ciri fisik yang dapat menunjukkan bahwa anda sedang dalam masa kehamilan. Pertama anda mengalami masa kehamilan namun belum merasakan kehamilan di minggu pertama, karena pada saat itu anda masih dalam periode menstruasi. Setelah itu akan terjadi masa evolusi sehingga pembuahan sudah dalam perjalanan menuju ke rahim.

Di periode menstruasi berikutnya anda tidak akan merasakannya lagi alias terlambat masa haidnya. Kemudian ada perubahan fisik pada umumnya seperti mual, perubahan puting dan bagian dada, adanya bercak darah atau flek sebagai pendarahan implantasi. Selain itu ada perubahan lain seperti mudah lelah, ngidam, sakit kepala, suhu badan meningkat, dan sensitif terhadap bau. Dan berikut ini ada perkembangan janin usia 1 bulan dalam kandungan.

Perkembangan Janin Pada Usia 1 dan 2 Minggu

Di minggu pertama ini masih dalam tahap awal, pada saat ini pun pembuahan dalam ovarium wanita juga belum terjadi. Pada tahap ini adalah proses pembentukan dimana sperma dan ovum telah akan memberikan tanda akan adanya bakal calon bayi.

Pada saat itu janin sudah memiliki berbagai jenis bekal genetik yang berupa 23 kromosom manusia. Di perkembangan janin usia 1 minggu ini, ovum telah mempersiapkan diri untuk didekati oleh sel sperma sehingga nantinya akan terjadi pembuahan.

Setelah terjadi pembuahan di minggu pertama, maka proses akan berlanjut pada minggu kedua. Di minggu kedua ini setelah sel telur sudah dibuahi maka akan membelah menjadi dua dalam kurun waktu 30 jam setelah pembuahan.

Pembelahan ini terjadi pada saat sel telur tersebut bergerak menuju lubang falopi untuk menuju ke rahim. Setelah itu di perkembangan janin usia 2 minggu ini, sel telur akan terus membelah hingga 32 bagian yang disebut dengan morula. Dengan demikian secara otomatis sel-sel akan terbagi menjadi 2 kali lipatnya sehingga jumlahnya akan bertambah untuk membantu proses blastocyst supaya bisa terpaut dengan endometrium.

Perkembangan Janin Pada Usia 3 dan 4 Minggu

Di perkembangan janin usia 3 minggu sel telur yang telah menjadi banyak sekali tadi akan menempel pada dinding rahim. Yang kemudian disebut dengan blastosit, memiliki ukuran sangat kecil sekali berdiameter 0,1 hingga 0,2 mm. Di usia kandungan sudah mencapai 3 minggu ini pasti anda belum bisa menyadari bahwa di dalam perut anda sudah ada bakal calon bayi yang selanjutnya akan bertambah besar.

Pada perkembangan janin usia 4 minggu ini akan memperlihatkan hasil dari pembuahan. Pada perkembangan janin 1 bulan pembuahan akan menghasilkan atau memproduksi hormone kehamilan yaitu Chorionic Gonadotropin atau yang sering disebut dengan HCG. Sehingga pada saat itu apabila anda melakukan tes kehamilan dengan menggunakan testpack, maka hasil yang keluar akan positif.

Leave a Reply