Perkembangan Janin 10 Bulan Dan Cara Menghadapinya

Perkembangan janin 10 bulan menjadi topik yang sangat tidak biasa karena memang yang biasa anda dengar kehamilan hanya mencapai usia 9 bulan saja. Lalu adakah usia kandungan yang mencapai 10 bulan? Ternyata di dalam dunia medis hal tersebut sudah tidak asing lagi karena kehamilan 10 bulan tersebut sudah banyak sekali dialami oleh banyak wanita hamil. Penyebab kehamilan yang lewat waktu tersebut sangat beragam. Dari mulai salah perhitungan penentuan tanggal awal kehamilan hingga adanya gangguan pada rahim anda. Karena kasus ini memang bukan kasus yang langka agaknya sudah banyak yang mengetahui kasus kehamilan 10 bulan ini. Namun ternyata ada juga masyarakat yang belum mengetahui secara pasti bagaimana hal itu terjadi atau penyebab dari kehamilan yang sering juga disebut dengan istilah kehamilan post term atau kehamilan lewat waktu.
Makanan yang Baik Untuk Ibu Hamil 10 Bulan
Pada perkembangan janin usia 37 minggu atau 10 bulan seharusnya bayi memang sudah dilahirkan ke dunia namun pada beberapa kasus, sang ibu belum merasakan adanya tanda-tanda akan melahirkan atau sang ibu belum merasakan adanya kontraksi pada rahimnya. Hal ini bisa saja terjadi namun kemungkinannya hanya dibawah 5% saja. Untuk mengetahui penyebab dari kehamilan post term ini anda terlebih dahulu harus mengecek tanggal menstruasi anda karena biasanya tanggal kehamilan dihitung dari tanggal menstruasi maka hal tersebut sangat penting untuk diteliti. Jangan sampai kasus ini terjadi hanya karena salah hitung. Oleh karena itu pastikan terlebih dahulu hitungan anda tepat dan akurat. Hal ini bisa anda konsultasikan dengan bidan atau dokter kandungan.

Pada perkembangan janin usia 38 minggu umumnya janin sudah berkembang dengan sangat sempurna karena pada usia ini sebenarnya janin sudah harus berada di luar rahim atau dalam artian sang ibu sudah harus melahirkan pada masa ini. Namun karena suatu hal maka kemungkinan adanya kehamilan lewat waktu ini bisa saja terjadi. Dalam kehamilan semacam ini akan terdapat beberapa komplikasi yang mungkin saja terjadi pada kehamilan yang lewat waktu. Antara lain adalah keluarnya mekonium atau feces janin di dalam kandungan yang mana kemudian feces tersebut akan dapat menyebabkan gangguan terhadap paru-paru bayi.

Baca Juga:  Pertumbuhan Dan Perkembangan Janin 6 Bulan Dalam Kandungan

Selain itu karena pada perkembangan janin usia 39 minggu seperti yang anda tahu bahwa air ketuban akan semakin mengering. Proses ini disebut juga dengan oligohidramnion yang bisa terjadi karena menurunnya uteroplasenta. Dan hal tersebut memiliki dampak yang kurang bagus bagi kesehatan dan pertumbuhan sang bayi. Dan jika sang bayi tidak kunjung keluar akibatnya adalah sang bayi akan mengalami dehidrasi cairan. Dan dehidrasi ini akibatnya akan sangat fatal terhadap sang bayi. Akibat paling fatal yang mungkin terjadi karena dehidrasi ini adalah kematian janin.

Selain itu pada perkembangan janin usia 40 minggu ini kulit bayi akan mulai mengelupas atau proses ini biasanya disebut dengan istilah maserasi yang juga memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan sang jabang bayi. Dan jika pada usia ini sang bayi tidak kunjung lahir tentu bayi akan semakin membesar bobot dan ukurannya dan hal ini juga akan semakin menyulitkan wanita pada saat melahirkan. Sehingga jika bayi yang akan dilahirkan terlalu besar solusinya adalah dengan melakukan proses persalinan dengan cara operasi caesar. Dengan berbagai penyebab tersebut lalu apa solusi dan bagaimana caranya untuk mengantisipasi kasus kehamilan yang semacam ini?

Solusi untuk menghadapi perkembangan janin dalam 10 bulan ini adalah dengan tetap memberikannya nutrisi yang cukup untuk anda ibu hamil dan juga untuk sang jabang bayi. Karena walaupun pada usia kandungan lewat waktu dan walaupun perkembangan janin sudah hampir mencapai tahap akhir namun tetap saja sang bayi membutuhkan nutrisi yang cukup. Selain untuk buah hati, nutrisi yang cukup akan membantu sang ibu untuk menjaga kondisi tubuhnya agar semakin sehat dan siap untuk menjalani proses persalinan yang mungkin lebih berat dan lebih susah. Nutrisi yang paling baik untuk usia kandungan lewat waktu ini adalah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan zat besi dan juga kalsium.

Baca Juga:  Rangsangan Untuk Memaksimalkan Perkembangan Bayi 1 Bulan

Lalu selain dengan mencukupi nutrisi untuk bayi dan untuk si ibu hamil, apa lagi yang perlu anda lakukan untuk mengatasi dan menghadapi perkembangan janin bayi 10 bulan pertama ini? Untuk menghadapi persalinan yang mungkin lebih sulit anda tentunya harus menyiapkan fisik dan juga mental. Latihan fisik bisa anda lakukan namun tidak boleh terlalu berat. Dalam hal ini anda bisa berkonsultasi dengan dokter tentang gerakan apa saja yang boleh anda lakukan dalam keadaan hamil 10 bulan seperti ini. Olahraga yang paling disarankan adalah senam hamil.

Selain itu untuk menghadapi perkembangan janin bayi usia 10 bulan ini sang ibu harus mengurangi aktifitas yang biasa dilakukan sehari-hari. Wanita hamil 10 bulan bisa menambah intensitas dan waktu istirahatnya supaya tidak terlalu lelah. Karena kelelahan juga akan memiliki dampak yang sangat buruk bagi kesehatan anda dan juga kesehatan janin yang anda kandung. Dan untuk mempersiapkan diri anda harus mengetahui bagaimana tanda-tanda akan dimulainya proses persalinan agar anda siap dan proses persalinan pun akan menjadi lebih mudah. Tanda-tanda dimulainya proses keluarnya bayi antara lain adalah keluarnya lendir pada tempat keluar bayi, pecahnya ketuban, dan juga intensitas rasa sakit perut atau mulas yang semakin sering terjadi dan rasanya juga semakin sakit.

Untuk menghadapi masa-masa kehamilan yang menyenangkan namun menegangkan ini penting sekali bagi anda untuk mengetahui usia kehamilan. Selain itu ibu hamil juga sangat perlu untuk mengamati perkembangan janin dan juga harus mulai merasakan gerakan-gerakan janin. Dan ada lagi satu hal yang harus anda lakukan adalah and harus rajin-rajin melakukan periksa atau kontrol ke dokter kandungan karena dengan begitu anda akan lebih mengetahui tentang perkembangan janin usia 10 bulan dalam kandungan supaya tetap sehat dan bisa keluar dengan aman dan nyaman. Jadi jangan langsung khawatir saat usia kandungan anda lebih dari 9 bulan asalkan anda mengerti tentang perkembangan janin 10 bulan.

Baca Juga:  Jus Buah Buahan yang Baik untuk Ibu Hamil

Deskripsi: Perkembangan janin 10 bulan ini menurut mitos yang beredar justru bayinya akan memiliki otak yang lebih encer dbandingkan yang lain.

Leave a Reply