Perkembangan Janin 2 Bulan Dalam Rahim Ibu

Perkembangan janin 2 bulan, dalam hitungan minggu ini berarti masuk minggu ke lima dalam masa kehamilan. Bagi ibu-ibu yang sedang hamil pasti anda sangat senang, khawatir, dan bingung. Semua emosional tersebut dapat anda rasakan dalam satu suasana sekaligus. Senang, karena anda sedang menunggu kelahiran sang buah hati nantinya.

Kemudian khawatir, bagaimana keadaan calon bayi yang sedang anda kandung tersebut, apakah semuanya akan baik-baik saja. Bingung karena anda tidak tahu harus berbuat apa, apabila ini merupakan kehamilan pertama anda. karena pada dasarnya perkembangan janin bayi 2 bulan pertama ini masih merupakan kehamilan muda.

Pertanyaan mendasar anda pada waktu memasuki kehamilan di bulan ke 2 ini, apa yang dilakukan oleh janin saya di dalam? Ia sudah bisa apa? Dan pertanyaan lainnya pasti mulai muncul dalam benak anda. untuk mengetahui itu semua, mari simak ulasan berikut ini.

Keadaan Janin Dalam Usia 2 Bulan

Menuju pada kehamilan 2 bulan ini bukanlah waktu yang lama, karena rasa bahagia yang telah menyelimuti anda. Pasti membuat anda lupa dan waktu berjalan dengan cepat. Diusia kehamilan anda yang masih dapat dikatakan muda ini, perkembangan janin bayi 2 bulan ini sangatlah menakjubkan.

Pada saat itu janin mulai membentuk organ-organ dalam mereka dan berbagai struktur tubuh penting mereka. Proses pembentukan organ dalam ini akan berlangsung hingga umur janin sudah mencapai minggu ke 8. Selain pada organ dalam, pada masa ini janin akan terus berkembang termasuk pada bagian otaknya. Dapat dikatakan pada masa ini semua organ penting pada manusia umumnya mulai terbentuk.

Baca Juga :

Perkembangan Janin 1 Bulan Pertama dalam Kandungan

Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan Ibu Hamil

Pemeriksaan Fisik Pada Ibu Hamil Wajib Anda Ketahui

Tanda Tanda Awal Kehamilan Sebelum Telat Haid

Mulai dari otak, organ dalam, kaki, tangan, dan organ-organ lainnya. Pada periode 2 bulan ini ukuran janin dalam perut anda sebesar 1 inci. Jari-jari kecil mereka mulai tumbuh baik itu tangan maupun kaki, namun sidik jari belum terciptakan. Begitu juga dengan mata dan telinga mereka juga mulai terbentuk namun mereka belum bisa melihat dan mendengarkan apapun.

Terjadinya Perubahan Pada Tubuh Hamil Di Usia 2 Bulan

Perkembangan Janin 2 Bulan Dalam Rahim Ibu

Perkembangan janin usia 2 bulan dalam kandungan anda ini juga berakibat pada perubahan fisik. Jika anda sedang hamil dalam usia 2 bulan ini apakah anda merasakan adanya perubahan dalam tubuh anda?. Tentunya anda dapat merasakan adanya perubahan, hal pertama yang dapat anda rasakan adalah bagian dada anda sudah mulai berkembang dan siap untuk menyusui.


Hal ini bisa terjadi karena akibat perkembangan hormone kehamilan. Secara fisik bagian dada tersebut akan membesar dan pada bagian sekitar dada juga ikut membesar selain itu juga akan terasa nyeri dan lembut. Selain itu, hormone kehamilan juga membuat anda mengalami morning sickness. Selain itu ibu yang sedang hamil muda juga sering mengalami kelelahan dengan mudah, serta mengalami peningkatan energi.

Pastikan anda memilih waktu yang cukup untuk istirahat serta aliran darah anda juga lancar, karena hal tersebut sangat berpengaruh pada kebutuhan janin anda. Kemudian pada bagian vagina anda akan lebih sensitive dan mulai mengalami pembengkakan. Selain itu pada masa ini, perubahan yang terlihat adalah mood dari ibu hamil mulai labil alias berubah-ubah.

Meskipun secara fisik ibu hamil di usia 2 bulan ini mengalami banyak perubahan. Namun ada tanda-tanda lain yang sering terjadi pada usia kehamilan anda 2 bulan. Tanda-tanda tersebut diantaranya adalah sering buang air kecil, bagian dada nyeri, meningkatnya rasa lelah, gejala morning sickness, lendir bagian intim yang semakin meningkat. Kemudian mood ibu hamil 2 bulan ini selalu berubah-ubah. Lalu bagaimana perkembangan janin dalam 2 bulan tersebut. Langsung saja simak ulasan di bawah ini.

Perkembangan Janin Pada Usia 5 dan 6 Minggu

Ukuran janin ada dalam usia memasuki minggu ke 5 ini adalah kira-kira sebesar biji apel. Dan janin sudah disebut dengan embrio. Perkembangan janin usia 5 minggu ini sudah memiliki detak jantung, plasenta dan tali pusar sudah mulai bekerja dengan baik. Vesikel otak mulai terbentuk dan syaraf mulai berkembang. Benjolan tangan dan kaki akan mulai terbentuk dan telinga juga akan terbentuk dengan sempurna. Begitu juga dengan sistem pencernaan juga mulai terlihat sempurna mulai dari usus besar, usus kecil, ginjal, hati, dan lain sebagainya.

Di usia ini janin anda berukuran panjang kira-kira 1 1/7 inci, dan embrio terlihat seperti berudu. Pada perkembangan janin usia 6 minggu ini anda akan dapat mengenali mana bagian kepala, ekor, tangan, dan anggota badan lainnya. Pada minggu ke 6 ini janin akan memulai pembentukan hati, pankreas, paru-paru, kelenjar teroid, dan jantung. Pembuluh pada otak akan terlihat begitu jelas sesuai dengan tugas masing-masing. Rongga mulut juga sudah mulai terlihat.

Perkembangan Janin Pada Usia 7 dan 8 Minggu

Diusia minggu ke 7 ini ukuran embrio sudah mencapai 11-17 mm. Perkembangan janin usia 7 minggu yang terlihat adalah jantung sudah terbentuk dengan sempurna. Selain itu otot dan saraf bekerja bersama untuk pertama kalinya dalam bentuk embrio. Kemudian otak akan terbentuk dengan sempurna, dan yang paling mengejutkan anda akan dapat merasakan gerakan refleksnya. Bagian hidung, lidah, bibir, dan gigi mulai terlihat bentuknya.

Memasuki usia janin yang sudah mencapai 8 minggu ini, ukuran embrio pun juga sudah semakin besar yaitu sekitar 25-30 mm. Perkembangan janin usia 8 minggu, kepala bulat sudah mulai terbentuk dan wajahnya juga sudah mulai terlihat. Lengan dan kaki juga sudah terbagi sesuai dengan komponen masing-masing. Organ reproduksi dan kartilago serta tulang juga sudah mulai terbentuk dengan sangat baik. Demikian proses perkembangan janin 2 bulan, sehingga dalam usia 2 bulan tersebut semua bagian tubuh mulai terlihat.

Leave a Reply