Perkembangan Janin 3 Bulan Dan Keadaan Ibu

gambar-umur-janin-3bulan-atau-10-mingguPerkembangan janin 3 bulan, dimana pada periode ini sang calon bayi mendapat perhatian dari berbagai orang di sekitar lingkungan termasuk ibunya sendiri. Di bulan kedua yang sebelumnya atau pada perkembangan janin bulan ke 2 masih berbentuk embrio, kini di bulan ketiga embrio tersebut telah tumbuh menjadi janin. Pada periode ini janin telah berbentuk seperti manusia, sudah bukan lagi berbentuk seperti embrio. Embrio yang sebelumnya akan berubah menjadi janin manusia pada saat masuk pada minggu ke 10 hingga minggu 12. Diusianya yang memasuki bulan ketiga, ibu hamil dapat merasakan perkembangan janin bayi usia 3 bulan tersebut. Meskipun secara ukuran masih terasa samar, namun ibu hamil 3 bulan ini bisa merasakan pergerakan dari janin yang ada di dalam perutnya. Pergerakan yang dapat dirasakan tidak akan seteratur seperti janin bayi yang sudah memasuki usia 5 bulan ke atas. Dengan demikian dapat diartikan bahwa ibu hamil dalam usia 3 bulan ini sudah dapat merasakan kehadiran janinnya meski janin tersebut memberikan pergerakan yang tidak teratur.

Hal-Hal Yang Harus Diwaspadai Ibu Hamil 3 Bulan

Pada saat perkembangan janin usia 3 bulan dalam kandungan, sebagai seorang ibu anda harus lebih waspada dan berhati-hati. Karena pada dasarnya tugas seorang ibu hamil adalah menjaga kesehatan janin yang sedang dikandungnya. Meskipun sudah memasuki bulan ke 3 dalam masa kehamilan, tetapi justru halangan terbesar terdapat pada bulan tersebut. Usia kandungan yang dapat dikatakan masih cukup muda ini, justru malah rentan dengan keguguran. Oleh sebab itu, untuk para ibu hamil yang memiliki usia kandungan 3 bulan ini untuk lebih berhati-hati. Selain itu ada beberapa hal yang perlu anda ketahui sebagai pedoman untuk menjaga kesehatan janin anda.

Pertama diusia kandungan anda yang sudah memasuki bulan ketiga tersebut, anda diperbolehkan melakukan hubungan badan. Akan tetapi anda harus lebih berhati-hati karena usia kandungan 3 bulan tersebut rentan dengan keguguran. Kedua apabila kehamilan anda ini yang kedua dan anda memiliki riwayat keguguran sebelumnya, sebaiknya anda menunda melakukan hubungan intim hingga usia kandungan 5 bulan ke atas. Karena perkembangan janin bayi 3 bulan pertama ini adalah proses untuk menjadi janin yang sebenarnya, atau dapat dikatakan proses pembentukan menjadi calon bayi yang sesungguhnya. Akan disayang sekali apabila nanti terjadi sesuatu dengan kandungan, karena itu juga bisa menyirnakan semua impian anda untuk memiliki seorang anak. Hal ketiga yang perlu anda waspadai adalah apabila anda melakukan hubungan intim yang berakibat hingga mengeluarkan bercak atau flek darah. Sebaiknya anda menghindari hubungan intim tersebut meskipun pada saat itu keadaan kehamilan anda normal.

Memperhatikan Asupan Makanan Saat Hamil

Selain mewaspadai diri dengan sedikit menghindari hubungan intim. Saat usia kandungan anda memasuki 3 bulan, anda juga harus memperhatikan asupan makanan. Karena asupan makanan atau asupan akan berpengaruh pada perkembangan janin dalam 3 bulan. Apabila anda di awal-awal bulan kehamilan mengalami morning sickness sehingga anda tidak dapat melahap makanan dengan lezat. Namun jika usia kandungan anda sudah memasuki usia 3 bulan ini, dengan sendirinya morning sickness ini bisa hilang. Sehingga anda dapat menikmati makanan dengan nyaman, akan tetapi harus memenuhi nutrisi dan gizi untuk si calon bayi. Berikut ini ada beberapa tips untuk anda supaya anda dapat memenuhi gizi dan nutrisi calon bayi anda. Anda harus makan secara rutin yaitu 3 kali sehari. Menu makanan harus disiapkan dengan porsi yang memenuhi 4 sehat 5 sempurna. Olahlah makanan tersebut dengan berbagai varian supaya tidak mudah bosan dengan makanan.

Perkembangan Janin Pada Usia 9 Minggu

Perkembangan janin usia 9 minggu ini akan terlihat dengan jenis kelamin yang sudah mulai bisa diketahui. Apabila calon bayi anda adalah laki-laki, maka dengan USG pun sudah dapat dipastikan, akan tetapi jika calon bayi anda perempuan itu masih sangat samar. Mulut dan hidung janin juga sudah terlihat dengan jelas. Kemudian untuk tungkai dan lengan baru mulai akan tumbuh. Pada usia 9 minggu ini janin sudah mulai belajar membuka dan menutup mulut serta belajar menghisap dan menelan.

Perkembangan Janin Pada Usia 10 Minggu

Perkembangan janin usia 10 minggu ini terlihat dengan jenis kelamin perempuan sudah bisa dilihat dengan sangat jelas menggunakan USG. Diafragma sudah mulai memisahkan antara paru-paru dan jantung sesuai ruangnya masing-masing. Di usia 10 minggu ini janin sudah mulai bisa menerima pesan dari otaknya, hal ini ditunjukkan dengan melakukan gerak refleks. Proporsi kepala lebih besar dari pada tubuhnya, hal tersebut dibuktikan dengan otak yang mulai berkembang dan terbentuk dengan sempurna. Sehingga sistem otot dan saraf mencapai pada tingkat kesempurnaan.

Perkembangan Janin Pada Usia 11 Minggu

Perkembangan janin usia 11 minggu terlihat dengan sudah mulai tumbuh hingga 6,5 cm. Rambut dan kuku dari jari jemari baik tangan maupun kaki sudah mulai tumbuh. Kemudian organ intim luar juga sudah mulai terlihat. Pada usia 11 minggu ini janin juga sudah mulai bisa meminum atau menelan cairan amnion sebagai makanannya dan mengeluarkan kembali kencingnya. Selain itu gerakan demi gerakan juga sudah mulai bisa dirasakan oleh ibunya seperti pada saat menggeliat, meluruskan tubuhnya, dan menundukkan kepala.

Perkembangan Janin Pada Usia 12 Minggu

Perkembangan janin usia 12 minggu ini terlihat dari ukurannya yang mencapai 8 cm. semua organ vital janin sudah terbentuk dengan sempurna. Pada minggu ini lah rasa mual dan lelah anda sudah mulai berkurang dan bahkan bisa hilang. Demikian tadi proses perkembangan janin 3 bulan, hingga pada usia tersebut janin sudah terbentuk dengan sempurna layaknya bayi kecil mungil.

Leave a Reply