Perkembangan Janin 4 Bulan Dan Pembentukan Organ Tubuhnya

Usia janin ibu hamil yang memasuki pada bulan ke-4 biasanya si ibu sudah akan bisa merasakan perubahan terutama pada bagian ukuran perutnya. Perut ibu hamil akan terasa lebih terlihat besar dan janin didalam rahimpun akan ikut berubah membesar. Usia perkembangan janin 4 bulan ibu hamil akan mulai lebih terasa dan terlihat jika dibandingkan saat usia janin masih 3 bulan. Di usia 4 bulan pergerakan janin mulai aktif, bentuk janinnyapun juga sudah menyerupai manusia yang lengkap dengan inderanya. Saat usia janin ibu hamil masuk pada kehamilan 4 bulan, janin sudah bisa dikatakan dewasa dengan kesempurnaan organ didalam tubuhnya. Tapi walaupun sudah lengkap, masih dibutuhkan pematangan supaya organ janin terlihat tampak lebih sempurna dan nyata.

usia-janin-umur-4-bulan-di-rahim-ibu
Proses Perkembangan dan Pembentukan Janin 4 Bulan

Masa masa dimana janin akan memasuki usia 4 bulan, mereka akan melewati beberapa bulan sebelumnya seperti perkembangan janin usia 13 minggu hingga mencapai usia 4 bulan. Saat usia janin masuk dalam masa 13 minggu, perubahan pada tubuh mungkin sedikit lebih terlihat. Enaknya lagi saat ibu hamil sudah memasuki usia ke 13 minggu, resiko akan keguguran ini sudah akan berkurang karena pembentukan janin yang mulai sempurna. Selain itu, perubahan bentuk tubuh serta payudara juga sudah mulai terlihat nyata. Begitu juga dengan hormone yang ada didalam tubuh, ini juga akan sangat berpengaruh dengan perubahan bentuk organ tubuh anda serta janin yang ada didalam tubuh. Akan tetapi, saat usia kehamilan masuk dalam hitungan 13 minggu tekanan darah anda akan mulai turun karena darah akan menyebar dengan cepat didalam system peredaran darah. Untuk itulah, saat usia kandungan anda mulai masuk 13 minggu sebaik nya anda mengkonsumsi makanan yang kaya akan penambah darah begitu juga dengan vitamin vitaminya. Selain perubahan didalam ibu hamil, janin didalam rahim juga sudah mulai berubah dengan pembentukan mata, telinga, tulang kepala, lengan, kaki, pembentukan pita suara, dan bahkan ukurannyapun sudah sepanjang buah plum yang bergerak-gerak.

Baca Juga:  Perkembangan Janin 2 Bulan Dalam Rahim Ibu

Selanjutnya untuk perkembangan janin usia 14 minggu, biasanya usia ini janin akan sudah sepanjang 9 cm atau ½ inchi. Dengan berat yang hampir 45 gram, mata yang sudah bergerak ke pusat wajah, tulang pipi yang sudah terlihat, hidung menonjol, telingan terbentuk sepenuhnya, terbentuknya urine didalam ginjal, dan bahkan jika kelaminnya sudah perempuan maka sudah terbentuk ovarium dan kelenjar prostat untuk anak laki-laki. Masa usia kehamilan memasuki 14 minggu, tulang janin akan semakin kuat, kulit juga sangat transparan, rambut yang halus mulai tumbuh dan akan terus tumbuh serta terlihat sempurna dari hari ke hari.

Berbeda lagi saat janin masuk dalam masa kehamilan 15 minggu. Ukurannya akan mulai tambah dan sepanjang 4 inchi. Masa perkembangan janin 15 minggu ini, ia akan mulai bergerak dan juga menggerakan lengan dengan cara mengepal. Kukunyapun juga sudah mulai tumbuh, begitu juga dengan kulitnya yang masih sangat tipis. Kaki janin akan tumbuh memanjang dari tangan dan kepalanya. Usia ini, janin juga akan sudah membentuk tulang, sumsum, dan otot didalam kerangka tubuhnya. Diusia kehamilan 15 minggu, ibu hamil juga sudah akan merasakan gerakan tendangan dari kaki si jabang bayi yang ada didalam rahimnya.

Sedangkan untuk usia perkembangan janin 16 minggu, ibu hamil akan merasakan janin bayi didalam rahimnya yang sudah mulai bernafas. Ukurannya yang sudah mulai membesar sekitar 5 inchi dengan kepala hingga bokong yang sudah mulai sempurna. Posisi janin diusia 16 minggu, dirinya sudah akan ditutupi oleh pelindung yang lembut didalam perut untuk mengatur suhunya. Dan hebatnya lagi, diusia kandungan yang memasuki 16 minggu, janin bayi sudah bisa mulai mendengar suara dari luar, saat tidur dan bahkan saat mimpi sekalipun. Usia 16 minggu adalah perubahan yang sangat signifikan dan sangat terlihat baik dari janin maupun ibu hamil. Gerakan, pembengkakan dan peningkatan berat badanpun sudah mulai terlihat nyata.

Baca Juga:  Tanda Tanda Awal Kehamilan Sebelum Telat Haid

Pembentukan usia perkembangan janin dalam 4 bulan atau dalam 16 minggu memang sudah membuat si ibu akan merasa bahagia dengan segala perubahan yang ada. Memasuki bulan ke 4 artinya kandungan ibu hamil sudah memasuki pada tahapan trimester kedua dengan tahap akhir tepat pada bulan ke 6 nantinya. Perkembangan janin yang sudah masuk dalam trimester ini sudah menyerepuai bayi dengan bagian anggota tubuh yang lengkap. Pergerakan kecil janin serta jelas nya anggota tubuh si bayi membuat ibu hamil akan merasa lega. Begitu juga dengan kondisi si ibu hamil, masa 4 bulan fisik si ibu hamil juga akan tampak lebih bekerja keras. Dimana jantung akan mulai bekerja lebih keras dalam menyuplai darah terutama pada janin yang sedang mulai tumbuh. Lalu dibagian pelvisnya, ibu akan merasakan ada bola lunak yang merupakan isian didalamnya. Dan yang paling menonjol adalah berat badan si ibu hamil karena pertumbuhan janin menjadi lebih berat dan besar.

Setelah melihat secara jelas mengenai perubahan fisik yang akan terjadi pada ibu hamil saat usia kandungannya menginjak masa 4 bulan, pastinya si ibu hamil juga membutuhkan asupan vitamin untuk makanannya, begitu juga dengan makanan sehat yang baik untuk ibu dan si jabang bayi. Asupan makanan yang sehat pastinya akan sangat berpengaruh dalam perkembangan janin bayi 4 bulan pertama dalam proses pertumbuhannya. Untuk itu, pemilihan jenis makanan sehat sangat penting dan perlu sekali dalam proses pembentukan dan perkembangannya. Nah, untuk mengetahui jenis makanan apa saja yang bagus untuk ibu hamil saat memasuki usia kehamilan 4 bulan pertama, anda bisa lihat daftarnya berikut.

Makanan Sehat Ibu Hamil 4 Bulan

Ibu hamil yang memasuki bulan ke-4, biasanya mereka akan merasakan perubahan fisik yang nyata seperti berat badan sehingga membuat dirinya akan merasa sesak nafas, panas, pusing dan juga bahkan muntah-muntah. Selain itu, si ibu juga akan merasa terasa lelah dan bahkan sulit untuk bernafas apalagi saat beraktivitas. Dengan melihat kejadian inilah, bagi ibu hamil yang sudah memasuki 4 bulan sebaiknya untuk menjaga kondisi kesehatan dirinya dan janin dengan cara memberikan asupan nutrisi yang tepat untuk perkembangan janin bayi usia 4 bulan didalam kandungannya.

Baca Juga:  Jus Buah Buahan yang Baik untuk Ibu Hamil

Asupan makanan yang sehat untuk ibu hamil pada masa trimester kedua akan lebih tepat untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi seperti kalsium. Perkembangan janin usia 4 bulan dalam kandungan akan sering membuat si ibu merasakan sembelit, sehingga ibu akan membutuhkan serat dari makanan yang dikonsumsinya. Selain serat, asupan kalsium juga akan sangat membantu dalam pembentukan tulang sehingga si ibu bisa tetap kuat dalam menjaga kesehatan tubuh dan bayinya. Asupan kalsium dari jenis makanan yang dikonsumsi bisa terbuat dari olahan susu, yogurt, keju, buah dan sayur-sayuran. Kesemua jenis makanan ini akan sangat baik untuk ibu dan perkembangan janin 4 bulan yang ada didalam kandungan.

Description: perkembangan janin 4 bulan ibu hamil memang akan tampak secara signifikan baik bagi si ibu maupun bagi bayi yang ada didalam kandungannya

Leave a Reply