Perkembangan Janin 8 Bulan Dan Larangan-Larangannya

Perkembangan janin 8 bulan merupakan salah satu topik yang sangat menarik untuk diperbincangkan. Karena pada usia kandungan 8 bulan ini janin tengah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dan hal ini sudah seharusnya diketahui oleh para orang tua khususnya untuk wanita yang sedang mengandung. Karena pada beberapa tahun silam banyak sekali terjadi perkembangan bayi yang kurang sempurna yang dikarenakan oleh kurangnya pengetahuan orang tua akan perkembangan janin bayi usia 8 bulan ini sehingga diharapkan dengan adanya pengetahuan tentang hal ini akan membuat orang tua sadar akan pentingnya masa-masa kehamilan 8 bulan ini.
ibu-hamil-di-usia-janin-8-bulan

Tentu sudah bisa anda ketahui bahwa pada perkembangan janin usia 29 minggu anda harus sangat berhati-hati karena pada usia ini janin akan tumbuh dengan sangat aktif dan akan semakin berkembang dengan sangat pesat. Pertumbuhan dan perkembangan yang paling pesat pada usia janin bulan ini adalah perkembangan pada otak bayi. Karena otak bayi sedang mengalami perkembangan yang begitu pesat diharapkan orang tua untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang mampu mengoptimalkan dan memaksimalkan pertumbuhan otak anak. Dan salah satu cara untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan otak anak ini adalah dengan mengkonsumsi makanan dan juga suplemen yang merangsang perkembangan otak janin. Pada usia ini berat janin bisa mencapai 1250 gram dengan panjang mencapai 37 cm.

Jenis kandungan makanan yang paling dibutuhkan pada masa-masa kehamilan dan perkembangan janin usia 30 minggu ini adalah omega 3. Omega 3 ini memang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan perkembangan otak janin. Namun tidak sampai disitu saja karena omega 3 ini juga sangat bermanfaat untuk mengurangi resiko detak jantung yang tidak normal pada janin jadi bagi yang sedang menjalani masa kehamilan 8 bulan disarankan untuk banyak-banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3. Dan berikut ini adalah beberapa makanan yang kaya akan kandungan omega 3, yakni telur, ikan salmon, ikan sarden, ikan tuna, sayur bayam, minyak krill, minyak zaitun, daging sapi, susu kambing, susu sapi, dan makanan yang termasuk ke dalam jenis kacang-kacangan. Dengan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi tersebut akan membuat bayi semakin berkembang hingga beratnya mencapai 1400 gram dengan panjang sekitar 38 cm.

Baca Juga:  Rangsangan Untuk Memaksimalkan Perkembangan Bayi 1 Bulan

Pada perkembangan janin usia 31 minggu berat janin bisa mencapai sekitar 1600 gram dengan panjang mencapai sekitar 40 cm. Pada masa ini ibu hamil sering mengeluhkan adanya keluhan-keluhan yang terjadi pada fisik sang ibu. Seperti misalnya sakit kepala, penglihatan kabur atau berkunang-kunang, dan juga kaki menjadi bengkak. Kaki menjadi bengkak tersebut dikarenakan oleh aliran darah yang tidak teratur sehingga menyebabkan kaki menjadi bengkak. Dan ada juga sebagian wanita yang mengeluhkan naiknya tekanan darah yang hingga mencapai 30 ml/hg. Karena adanya berbagai macam keluhan tersebut maka sangat disarankan bagi ibu hamil supaya selalu rutin untuk memeriksakan kehamilan dan juga kondisi fisiknya tersebut ke dokter.

Dan pada perkembangan janin usia 32 minggu ini janin berubah posisi menjadi bagian kepala berada di bawah. Bayi akan tetap pda posisi ini hingga ia lahir nanti. Hal ini adalah salah satu pertanda bahwa bayi sudah siap untuk lahir ke dunia. Dan pada usia janin 32 minggu ini juga intensitas gerakan janin semakin meningkat. Janin akan terus menendang-nendang dan bergerak. Jika dihitung jumlah tendangan yang dilakukan oleh bayi bisa mencapai 375 kali dalam sehari. Namun semua gerakan itu tidak akan semuanya terasa oleh sang ibu. Karena ibu hanya akan merasakan tendangan-tendangan besar saja yang jumlah normalnya adalah sekitar 10 kali.

Pada perkembangan janin dalam 8 bulan ini berat normal janin seharusnya adalah sekitar 1800 gram hingga 2000 gram. Sementara untuk panjang tubuh sang janin adalah sekitar 42 cm. Dan jika pada biasa hemodilusi atau pengenceran darah terjadi secara normal namun pada usia 8 bulan ini akan terjadi puncaknya hemodilusi tersebut. Pada masa ini jumlah darah akan semakin meningkat selain itu beban kerja jantung pun juga semakin meningkat. Oleh karena itu ibu hamil yang memiliki kelainan jantung, hipertensi maupun preeklampsia harus sangat berhati-hati supaya kesehatan ibu dan juga janin di dalam kandungan juga lebih sehat dan lebih terjaga.

Baca Juga:  Hal Yang Harus Diketahui Pada Perkembangan Janin 9 Bulan

Pada perkembangan janin usia 8 bulan dalam kandungan ini harus sangat berhati-hati apalagi bagi wanita-wanita hamil yang mengalami permasalahan pada tekanan darah dan juga bagi ibu hamil yang mengalami gangguan jantung. Karena pada usia ini sangat rawan terjadi penjepitan pembuluh-pembuluh darah yang jika tidak mendapatkan penanggulangan yang segera maka akan berakibat fatal bagi ibu dan calon si jabang bayi. Jika hal ini terjadi maka biasanya akan dilakukan pertimbangan terdahulu sebelum melakukan proses melahirkan. Apalagi jika kondisi semakin memburuk misalnya tekanan darah tidak kunjung turun, maka bisa jadi akan dilakukan cara lain untuk melahirkan. Solusi paling akhir untuk permasalahan semacam ini adalah dengan melahirkan secara operasi caesar.

Dan jika anda tidak ingin memiliki keluhan-keluhan seperti yang telah disebutkan diatas. Atau jika anda tidak ingin mengalami hal-hal yang tidak diinginkan seperti penyempitan pembuluh darah atau hambatan pra melahirkan semacam itu sebaiknya anda harus merawat dan menjaga kehamilan anda sejak perkembangan janin bayi 8 bulan pertama agar kehamilan anda terjaga. Karena jika kehamilan dijaga dengan baik sejak awal pertama masa kehamilan maka akan mempermudah proses persalinan. Selain itu dengan merawat kandungan dengan baik akan sangat berdampak baik bagi anda dan juga bagi janin anda.

Selain dengan menjaga kehamilan agar ibu dan janin selalu sehat, anda pun harus mengetahui beberapa larangan yang tidak boleh anda langgar pada saat anda hamil. Larangan tersebut antara lain adalah, jangan memakai pakaian yang terlalu ketat atau tidak nyaman, Jangan memakai high heels, jangan memelihara binatang peliharaan, dan juga jangan melakukan mandi sauna. Hal-hal tersebut sudah sepatutnya anda hindari jika anda ingin kandungan anda tetap sehat dan aman. Dan yang terpenting adalah anda tidak boleh merasa kelelahan stress karena akan berdampak sangat buruk bagi janin. Jika anda mampu menghindari beberapa hal tersebut, maka Perkembangan janin 8 bulan anda akan terjaga dengan baik.

Baca Juga:  Tanda Tanda Awal Kehamilan Sebelum Telat Haid

Deskripsi: Perkembangan janin 8 bulan harus anda perhatikan jika anda ingin kandungan anda tetap sehat dan aman.

Leave a Reply