Pertumbuhan Dan Perkembangan Janin 6 Bulan Dalam Kandungan

Perubahan janin memang akan sangat membahagiakan bagi ibu hamil yang mengandungnya. Dan perubahan organ tubuhnyapun akan mulai tampak sedikit demi sedikit dari hari kehari. Janin yang masih kecil didalam rahim ibu hamil akan mulai tampak jelas jika usia kehamilannya sudah memasuki minggu ke 24 atau 6 bulan. Masa perkembangan janin 6 bulan ini akan tampak jelas pada anggota tubuh seperti tangan, kaki, mata, telinga dan yang lainnya. Kesempurnaan dari anggota tubuh janin akan membuat si ibu juga merasakan perubahan pada pergerakan posisi tubuhnya sehingga ibu akan sudah mulai merasakan rasa tendangan bayi, dan ukuran perutnya yang semakin membesar. Selain merasakan perubahan pada bentuk tubuh ibu dan pergerakan serta kesempurnaan anggota tubuh bayi, emosi si ibu hamilpun juga akan merasakan lebih lelah, lesu, stress, dan yang lainnya keran semakin kurang nyaman dengan postur yang ada. Tapi, walaupun kesemuanya merasa sedikit aneh dan berbeda jika sudah mendapatkan hasil dari perkembangan janin yang ada didalam kandungan semua rasa capek, was-was dan rasa lainnya akan berubah seketika.

perkembangan-usia-janin-6-bulan
Proses Pertumbuhan dan Perkembangan Janin 6 Bulan

Sebelum memasuki usia janin 6 bulan, setiap minggunya janin akan mengalami perkembangan terutama pada anggota tubuh. Saat usia janin masuk dalam fase 21 minggu, janin sudah mulai memiliki pematangan pada perkembangan dan fungsi anggota tubuhnya. Perut ibu juga sudah semakin membuncit, dan keseimbangan tubuh si ibu pun juga akan mulai terganggu. Saat ibu hamil sudah memasuki fase ini, perkembangan janin sudah mulai aktif dan untuk itu ibu hamil akan lebih dikhususkan untuk bisa lebih banyak bergerak karena perkembangan janin usia 21 minggu sudah sangat aktif.

Baca Juga:  Ciri Ciri Kehamilan Pada Minggu Pertama

Sedangkan saat usia janin masuk dalam minggu ke-22, janin akan mulai semakin sadar dengan keberadaannya, lingkungannya dan bahkan dia juga sudah bisa mendengar suara serta sentuhan yang ada diluar perut. Perkembangan janin usia 22 minggu akan membuat ibu semakin aktif untuk memberikan komunikasi pada si janin bagi dengan suara atau sentuhan yang membuatnya tetap tenang dan tidak bergerak-gerak. Pada minggu ke-22, tubuh janin juga sudah mulai proses sel darah putih, yang mana sel darah ini akan sangat membantu janin dalam melawan infeksi serta penyakit yang akan masuk kedalam tubuhnya. Anggota tubuh lainnya seperti mata juga sudah mulai menjalankan fungsinya dalam melindungi mata serta dalam menggerakkannya seperti buka tutup. Begitu juga dengan perubahan bentuk jantung yang sudah mulai ada sejak minggu ke-5, minggu ke-22 jantung janin akan mengalami modifikasi sehingga iapun sudah bisa menjalankan fungsinys seperti memompa darah untuk persiapan saat lahir ke dunia kelak.

Sedangkan perkembangan janin usia 23 minggu, janin akan sudah memiliki ukuran kepala yang sudah sempurna dengan ukuran tubuhnya. Jika melihat gambar kepala janin di minggu ke 23 di social media, anda akan melihat bahwa janin sudah siap untuk lahir. Akan tetapi pastinya bentuk tubuh dna ukuran kepalanya akan tampak masih kecil dna terlihat kurus. Saat usia janin masuk ke minggu 23, anda akan sudah merasakan detak jantungnya dengan menggunakan alat stetoskop dengan cara meletakkannya pada perut si ibu. Kulit bayi yang sudah memasuki usia janin 23 minggu juga sudah semakin tampak dengan posisi keriput karena kandungan lemaknya juga masih sedikit. Akan tetapi untuk bentuk dan anggota tubuhnya sudah sangat mirip dengan saat ia akan lahir nantinya.

Baca Juga:  Perkembangan Janin 2 Bulan Dalam Rahim Ibu

Memasuki perkembangan usia janin pada 24 minggu, pendengaran janin akan mulai terbentuk sempurna. Janin akan mulai mendengar gerakan music yang dinyalakan di luar perut. Nah saat music didengarnya, ia akan menunjukkan respon saat suara atau music yang didengarnya tidak ia sukai atau bising. begitu juga saat ia akan tidur dan bangun, ia sudah bisa membentuk pola sendiri sehingga anda akan bisa merasakan pergerakannya dengan gerakkannya yang terus menerus dan saat terdiam. Semakin hari semakin sempurna juga pada bagian kelopak matanya dan pada perkembangan janin usia 24 minggu ini, ia sudah mulai dilengkapi dengan bulu mata yang indah.

Memasuki usia kehamilan janin 6 bulan bisa dikatakan usia ini memang sudah matang untuk janin yang ada didalam rahim. Janin sudah tumbuh dan berkembang dengan sempurna dan juga hampir menyerupai dewasa. Saat usia janin 5 bulan ia belajar panca indera, dan saat memasuki perkembangan janin dalam 6 bulan dirinya sudah cukup dewasa dan sudah bisa merasakan rasa dengan pendengarannya. Tapi usia 6 bulan bukan waktu yang tepat untuk ia lahir ke dunia.

Untuk perkembangan janin bayi 6 bulan pertama ini akan sangat berpengaruh dengan kondisi si ibu dan janin yang ada diperutnya. Untuk itulah, saat ibu hamil memasuki usia kandungan 6 bulan ibu hamil harus bisa menjaga kondisi badannya agar tetap fit dan tidak mudah capek. Cara melakukannya mungkin dengan mengkonsumsi makanan yang sehat serta memberikan asupan vitamin yang bagus untuk kesehatan janin dan dirinya. Nah, berbicara mengenai makanan yang bagus untuk ibu hamil yang memasuki usia kandungan 6 bulan, anda bisa melihat contohnya berikut.

Nutrisi Makanan Ibu Hamil 6 Bulan

Tahapan usia kehamilan yang semakin membesar memang akan membuat si ibu merasa lebih lelah karena perubahan berat badan yang sudah semakin terlihat. Sebagian ibu hamil yang sudah memasuki usia kehamilan 6 bulan ada yang masih sibuk sibuk dan masih fit untuk melakukan kegiatan diluar jam istirahatnya. Tapi ada juga sebagian yang masih lemah dan kesulitan dalam menjaganya sehingga membutuhkan waktu istirahat untuk menjaga kesehatan janin dan dirinya. Mengkonsumsi makanan bernutrisi yang bagus untuk perkembangan janin bayi usia 6 bulan ini memang sangat diperlukan. Apalagi usia kandungan ini sudah memasukan fase tahapan kelahiran yang memang butuh ekstra cara untuk menjaga dan membantu kelahirannya kelak.

Baca Juga:  Tanda Tanda Awal Kehamilan Sebelum Telat Haid

Makanan yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil untuk perkembangan janin usia 6 bulan dalam kandungan diantaranya adalah makanan yang diolah dengan sayur sebagai serat untuk menghindari terjadinya sembelit. Selain itu, ibu hamil 6 bulan juga harus memperbanyak asupan makanan yang mengandung kalsium dna omega 3 untuk tulangnya. Dengan cara melakukan olahraga ini juga akan sangat membantu ibu hamil saat akan bersalin nantinya. Karena saat usia kehamilan sudah memasuki 6 bulan, ini sudah masuk dalam tahapan penyempurnaan akan proses perkembangan janin 6 bulan dalam menyempurnakan anggota badanya, serta proses dalam persalinan untuk ibunya kelak. Sehingga dengan cara melakukan olahraga ringan secara rutin ini akan sangat membantu sekali.

Description: perkembangan janin 6 bulan adalah masa penyempurnaan anggota badannya yang sudah mulai lengkap bak orang dewasa tapi masih belum termasuk dalam masa kelahirannya

Leave a Reply