Perubahan Dan Perkembangan Janin 5 Bulan Dalam Kandungan

Memasuki perkembangan janin dalam usia 5 bulan, pastinya bisa dibilang usia pembentukan si jabang bayi sedang berkembang dengan pesat. Untuk mengetahui perkembangan dan pertumbuhan janin dengan pesat, akan lebih baik jika ibu hamil melihatnya pada tiap bulannya. Karena ditiap minggunya perubahan bentuk tubuh dan anggota si janin akan mengalami perubahan dari hari ke hari. Bagi ibu hamil, mereka pastinya akan ingin sekali mengetahui perkembangan janin 5 bulan didalam kandungannya, apakah sehat dan sudah memiliki anggota tubuh yang lengkap. Jika melihat perubahan bentuk pada janin, saat memasuki usia kehamilan 16 minggu, janin sudah akan terlihat bentuknya dengan kelengkapan organ tubuh lainnya. Walalupun anggota tubuhnya sudah lengkap, pembentukan kesempurnaan dari organ akan masih membutuhkan waktu dari tiap minggunya. Untuk itulah, seringkali ibu hamil akan selalu ingin tahu dan mengecek bagaimana kondisi kandungannya saat ini.

Proses Pembentukan Janin Usia 5 Bulan

Perkembangan janin usia 17 minggu adalah awal dimana dimana semua anggota badan janin mulai tampak sepertihalnya mata, telinga, tangan, hidung, kaki, rambut, kepala, dan anggota yang lainnya. Walaupun sudah tampak terlihat bentuknya, kesempurnaannya masih terlihat samar. Untuk itulah masa fase usia mingguan adalah masa-masa dimana pembentukan dan fase penyempurnaan kondisi tubuh janin terlihat semakin sempurna. Umumnya, usia perkembangan janin pada 17 minggu kulitnya akan menjadi transaparan dan berkembang. Tampak memerah karena pembuluh darahnya sudah semakin terlihat. Begitu juga dengan pembentukan posisi dan bentuk telinga yang sudah terbentuk pada usia 16 minggu. Walau posisi mata janin terpejam, janin yang ada didalam kandungan akan sudah mampu menangkap cahaya yang masuk dan terang. Perubahan bentuk tubuh ibu hamil juga akan semakin tampak, karena posisi janin akan terlihat berbentuk oval dan bukan bulat lagi.

Baca Juga:  Perkembangan Janin 8 Bulan Dan Larangan-Larangannya

Sedangkan untuk usia janin yang memasuki minggu ke 18, janin akan sudah mulai bisa dengar suara dari luar, bergerak, dan bahkan melompat/ menendang saat mendengar suara keras. Usia janin pada minggu ini memang sudah mulai berkontraksi dan berubah. Otot janin pun juga sudah mulai berkontraksi dan aktif saat janin merasa kurang nyaman. Perubahan dan perkembangan janin usia 18 minggu ini juga akan bisa ibu hamil rasakan saat perputaran janin untuk pertama kalinya didalam perut. Ukuran bentuk perut akan sebesar semangka dengan posisi rahim akan bisa diraba dan berada tepat dibawah pusar. Biasanya, pada minggu ke-18 ini ibu hamil akan merasakan keluhan pada punggungnya karena postur tubuh yang semakin berubah. Dan keluhan ini akan semakin bertambah dan bertambah dengan posisi tubuh yang semakin berat akibat perubahan dan perkembangan si janin. Untuk mengatasi keluhan tersebut, si ibu bisa melakukan cara dengan istirahat miring ke kiri, menghindari berdiri yang terlalu lama dan juga beban berat, sesering mungkin untuk mengistirahatkan kaki dengan cara mengganjal dengan bantal atau cara mengangkatnya secara perlahan dan bergantian.

Masa usia kehamilan antara minggu ke 18 menuju ke 19, biasanya ibu dan janin akan semakin terkait satu sama lain. Sehingga saat ibu hamil mulai menginjak usia kehamilan 18 dan 19 jika ibu merasa sedih, gembira, lapar atau yang lainnya, maka janinpun juga akan merasakannya pula. Memasuki perkembangan janin usia 19 minggu berat badan janin akan semakin bertambah dan gerakannyapun juga akan semakin aktif. Otak si jabang bayi juga semakin mencapai sempurna karena sudah memiliki jutaan saraf motorik yang mampu menggerakan bawah sadarnya sepertihalnya mengisap jempol.

Baca Juga:  Perkembangan Janin 3 Bulan Dan Keadaan Ibu

Berbeda lagi dengan usia kehamilan yang memasuki minggu ke-20, usia kehamilan minggu ini kulit janin sudah akan terbedakan menjadi 2 lapisan, yaitu lapisan dermis dan epidermis. Melihat semakin sempurnanya organ janin, maka si ibu akan semakin kehilangan darah karena akan berbagi dan menyebar ke anggota tubuh janin. Dan pastinya jika melihat hal ini, ibu hamil akan merasa kekurangan darah dan sering merasakan anemia. Nah, disaat kehamilan si ibu masuk dalam tahapan perkembangan janin usia 20 minggu, ibu hamil harus pintar-pintar dalam memilih dan mengkonsumsi makanan yang tepat untuk janin dan kesehatannya. Untuk itu, saat usianya sudah memasukan 20 minggu nutrisi gizi zat besi, baik melalui makanan atau vitamin akan sangat diperlukan olehnya.

Melihat perubahan yang sangat nyata saat usia janin masuk fase 17 hingga 20 minggu dengan ditandai pergerakan yang aktif dari si jabang bayi dan perubahan bentuk dari si ibu ini tak lepas akan asupan nutrisi yang baik yang dikonsumsinya. Makanan yang bergizi memang akan sangat membantu dalam perkembangan janin dalam 5 bulan atau 20 minggu. Asupan makanan ini akan membantu dan mempercepat proses pembentukan, pertumbuhan dan perkembangan janin pada tiap minggunya. Apalagi dengan kondisi si ibu yang semakin menurun, pastinya akan dibutuhkan asupan ekstra yang tepat untuk memenuhi gizinya.

Perkembangan janin bayi 5 bulan pertama ini akan sangat berpengaruh pada fase mingguan atau bulan di hari berikutnya. Karena jika pergerakannya semakin aktif dan selalu signifikan otomatis kondisi janin memang sangat sehat dan sempurna. Begitu juga dengan kondisi si ibu hamil, saat asupan makanannya tepat maka si ibu dan bayi akan sehat dan tidak ada kendala sama sekali. Tapi sekarang yang menjadi pertanyaan adalah asupan makanan seperti apa sebenarnya yang baik untuk kesehatan ibu dan bayi yang ada didalam kandungan?

Baca Juga:  Perkembangan Janin 10 Bulan Dan Cara Menghadapinya

Nutrisi Makanan Janin 5 Bulan

Untuk ibu hamil yang sudah memasuki usia kehamilan pada 20 minggu atau 5 bulan, asupan gizi yang tepat adalah makanan yang kaya akan zat besi, kalsium, omega, vitamin A, vitamin D, vitamin C dan serat. Semakin besarnya usia kehamilan dan perkembangan janin bayi usia 5 bulan maka tulang ibu hamil akan butuh energy yang kuat untuk menjaganya. Jika semua makan makanan di atas dikonsumsi secara teratur maka walaupun usia kandungan semakin membesar, kemungkinan kesehatan ibu hamil dan janin akan semakin terjaga.

Masa perkembangan janin usia 5 bulan dalam kandungan walaupun dibilang sudah tidak riskan terhadap keguguran, tapi pertumbuhan dan perkembangannya juga harus diperhatikan. Jika dari awal ibu hamil sudah menyiapkan secara matang apa yang harus dilakukan, maka saat melewati tiap hari, minggu dan bulannya, ibu hamil akan merasakan rasa nyaman dengan asupan makanan serta kegiatan yang dilakukan. Saat hamil bentuk tubuh akan semakin bertambah dan otomatis lekukan dan bekasnyapun akan bisa ada dibagian perut. Apalagi saat kandungan mulai semakin membesar, akan tampak stretch mark yang semakin ada dibagian perut yang akan bisa membuat gatal. Selain itu, anda juga akan merasakan rasa lelah, lesu dan mudah emosi. Untuk itu pembagian waktu saat bekerja dan saat istirahat ini akan sangat perlu bagi ibu hamil apalagi untuk perkembangan janin 5 bulan yang sedang dikandungnya.

Description: perkembangan janin 5 bulan memang sudah membuat perubahan baru bagi ibu hamil dan janin dengan perubahan pergerakan yang aktif dan kesempurnaan anggota tubuhnya

Leave a Reply