Rangsangan Untuk Memaksimalkan Perkembangan Bayi 1 Bulan

Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai perkembangan bayi 1 bulan dimana hal tersebut merupakan sebuah topik yang sangat menarik untuk menjadi bahan perbincangan. Mengingat perkembangan bayi usia 1 bulan adalah usia yang sangat rentan dan tentunya pihak orang tua membutuhkan pengetahuan yang luas tentang tahapan-tahapan pertumbuhan sang buah hati tercinta.

Dan mau tidak mau orang tua harus selalu mencari tahu tentang bagaimana mengurus dan merawat bayi yang masih berusia 1 bulan tersebut supaya tidak terjadi kesalahan yang akan mengakibatkan hal yang buruk bagi si bayi. Maka dari itu dalam artikel ini kita akan menyediakan berbagai macam informasi mengenai tumbuh kembang bayi yang berusia 1 bulan sebagai panduan bagi anda para orang tua yang menginginkan yang terbaik bagi buah hatinya.

Dalam bulan pertama pasca kelahirannya, sang bayi biasanya masih berwarna merah dan bentuk-bentuk tubuh serta organ-organ dalam tubuhnya masih belum terbentuk dengan maksimal. Bagi sebagian orang yang tidak begitu memperhatikan perkembangan bayi umur 1 bulan memang sepertinya tidak ada perkembangan yang spesifik namun jika anda telisik dengan lebih cermat lagi anda akan menemukan bahwa terdapat perkembangan yang sangat signifikan pada tubuh sang bayi walaupun hal tersebut tidak begitu terlihat secara langsung. Berikut ini adalah beberapa tahapan perkembangan fisik pada bayi 1 bulan.

Tahap Perkembangan Bayi 1 Bulan dan Otaknya

Tahap perkembangan bayi 1 bulan yang paling bisa anda lihat yaitu dari segi fisiknya. Yang mana semula kulit sang bayi berwarna kemerahan kini semakin hari warna kulit sang bayi akan semakin bersih. Selain itu pada saat pertama kali dilahirkan terdapat banyak kerutan-kerutan di kulit sang bayi yang sesuai dengan perkembangannya kerutan-kerutan tersebut akan semakin berkurang seiring berjalannya waktu.

Rangsangan Untuk Memaksimalkan Perkembangan Bayi 1 Bulan

Dan yang sering sekali dikeluhkan oleh para ibu-ibu yang baru melahirkan buah hatinya adalah tentang bentuk tulang tangan dan kaki yang sering kali terlihat bengkok pada pertama kali sang bayi lahir. Namun jika diperhatikan pada usia 1 bulan tersebut bentuk-bentuk tulang pada bayi akan semakin membentuk sesuai dengan bentuk yang semestinya.

Dan perkembangan otak bayi 1 bulan sangat terlihat dari cara bayi tersebut berkomunikasi dengan orang-orang di sekitarnya. Cara bayi berkomunikasi tentu sangat jauh berbeda dengan balita sehingga kita sebagai orang tua harus pintar-pintar menangkap apa yang akan disampaikan oleh bayi tersebut. Cara bayi berkomunikasi bisa tersampaikan melalui suara.

Suara rengekan sang bayi tentu menjadi cara komunikasi yang paling bisa diandalkan karena memang hal tersebut adalah hal yang paling utama yang bisa dilakukan sang bayi. Selain rengekan atau tangisan, tatapan mata juga bisa menjadi alat komunikasi yang sangat efektif. Namun hal ini tidak begitu bisa diandalkan karena bayi yang masih berusia 1 bulan tentunya masih banyak menghabiskan waktu untuk tidur.

Perkembangan Bayi Baru Lahir 1 Bulan Pertama

Selain membuktikan perkembangan bayi baru lahir 1 bulan, tangisan dan tatapan mata bayi tersebut tentunya menggambarkan dan menginterpretasikan tentang apa yang ingin sang bayi sampaikan kepada kita. Oleh karena itu kita harus pandai dalam menangkap sinyal mengenai arti dari tangisan-tangisan bayi, makna dari suara rengekan bayi dan tentunya juga arti dari tatapan mata sang bayi.


Entah sang bayi menangis karena ingin minum susu, atau sang bayi merasa kedinginan, atau pada saat sang bayi merasakan hal yang lainnya. Pada kali pertama hal tersebut memang sulit untuk dilakukan namun semakin lama orang tua tentu akan mengetahui pesan apa yang ingin disampaikan oleh si bayi melalui intuisi yang kuat antara si bayi dengan sang ibu atau bapak.

Untuk merangsang perkembangan bayi 1 bulan pertama orang tua harus aktif dan ikut andil dalam tumbuh kembang sang bayi. Baik di bidang fisik maupun psikis. Di bidang fisik misalnya adalah dengan memberikan rangsangan-rangsangan positif yang mampu menstimulasi indra-indra perasa pada bayi.

Contohnya adalah dengan memberikan pelukan hangat, ciuman dan misalnya juga dengan belaian atau pijatan lembut. Sementara untuk psikisnya, anda bisa memberikan rangsangan positif kepada sang bayi yang berupa misalnya pembicaraan dengan sang bayi. Walaupun sang bayi belum sepenuhnya mengerti apa yang anda katakan namun hal tersebut ternyata sangat penting sekali dan sangat berpengaruh pada pertumbuhan sang bayi.

Perkembangan Fisik , Panca Indera dan Motorik Bayi 1 Bulan

Dengan memberikan rangsangan yang berupa masukan-masukan positif terhadap sang bayi maka bayi akan lebih bisa menangkap dan mengingatnya sehingga apa yang anda berikan akan benar-benar tertanam di dalam otak sang bayi. Oleh karena itu untuk memaksimalkan perkembangan perkembangan panca indera bayi 1 bulan orang tua sebaiknya memberikan masukan-masukan yang bersifat positif saja.

Rangsangan positif tersebut bisa berasal dari pembicaraan yang mengarah kepada hal yang baik, lagu-lagu ceria atau yang memiliki makna yang positif. Dalam hal ini anda bisa memanfaatkan media kaset dan juga player. Namun walaupun metode ini bisa cukup ampuh namun lebih disarankan untuk memberikan rangsangan yang berasal langsung dari orang tua.

Dengan rangsangan-rangsangan yang sarat akan makna tersebut membuat bayi lebih peka dan bisa lebih memperkuat ikatan batin di antara orang tua dengan bayi. Namun sebaiknya anda menghindari rangsangan yang hanya bersifat formalitas karena tentu hal tersebut tidak akan menyalurkan energi positif untuk bayi. Namun pada umumnya orang tua sudah memiliki landasan kasih sayang sehingga sangat tidak mungkin jika kontak fisik dan batin antara orang tua dengan anaknya tersebut hanyalah sekedar formalitas. Selain menumbuhkan ikatan batin diantara orang tua dengan bayi, hal tersebut juga bisa sangat bermanfaat untuk perkembangan perkembangan fisik bayi usia 1 bulan.

Fisik bayi yang masih berusia 1 bulan tersebut memang tentunya masih sangat lemah namun dengan adanya rangsangan-rangsangan yang diberikan, bayi akan bisa menerima dan hal tersebut akan sangat membantu perkembangan motorik bayi 1 bulan. Pada umumnya bayi yang masih berusia 1 bulan baru bisa bergerak sedikit saja seperti misalnya menggerakkan kaki, menggerakkan jari-jari dan juga menggerakkan kepala. Dan sifat gerakannya pun masih sangat lembut dan belum memiliki arti yang spesifik. Namun banyak kesalahan yang sering terjadi di masyarakat yang bisa mengakibatkan lambatnya tumbuh kembang gerakan bayi yang disebabkan oleh terlalu kencangnya pemakaian bedong.

Perkembangan Bayi 1 Minggu hingga 4 Minggu Pertama

Banyak masyarakat berasumsi bahwa semakin erat pemakaian bedong maka bentuk tubuh bayi akan semakin lurus bagus selain itu bayi juga tidak akan kedinginan. Namun sayangnya pendapat masyarakat tersebut sangat tidak tepat karena pemakaian bedong yang terlalu erat atau kencang justru bisa menghambat perkembangan anak bayi usia 1 bulan yang mana seharusnya tulang-tulang pada tubuhnya berkembang sesuai dengan wajarnya tanpa hambatan. Dan jika orang tua memakaikan bedong yang terlalu kencang tentunya justru akan membahayakan pertumbuhan bayi.

Jadi kesimpulan dari apa yang telah kita bahas diatas adalah sebaiknya kita harus sangat berhati-hati dalam menentukan apa yang harus kita lakukan terhadap bayi kita. Jangan sembarangan dalam melakukan hal terhadap bayi karena tubuh bayi masih sangat ringkih sehingga kita harus menjaganya agar perkembangan bayi 0 – 1 bulan tersebut bisa berjalan dengan maksimal. Demikian ulasan tentang perkembangan bayi 1 bulan ini semoga dapat bermanfaat bagi anda.

Leave a Reply