Tahap-Tahap Perkembangan Janin 7 Bulan

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang perkembangan janin 7 bulan dengan tujuan agar masyarakat, terutama wanita yang sedang mengandung bisa lebih mengetahui dan bisa lebih mengerti bagaimana pertumbuhan dan perkembangan janin pada usia 7 bulan. Namun sebelum itu kita akan membahas tentang kehamilan terlebih dahulu. Kehamilan merupakan saat-saat yang paling membahagiakan walaupun pada masa-masa pertama kehamilan banyak wanita yang merasa tersiksa karena adanya morning sick dan sebagainya. Namun tetap saja banyak wanita yang mengidam-idamkan untuk jadi seorang ibu. Masa kehamilan 1 hingga 6 bulan memang menyenangkan namun masa-masa yang paling menegangkan adalah masa kehamilan usia 7 bulan.
Usia-janin-7-bulan

Mengapa masa kehamilan usia 7 bulan merupakan masa kehamilan yang paling menegangkan? Hal tersebut terjadi karena pada usia kehamilan yang sudah memasuki usia 7 bulan akan ada kemungkinan bayi lahir secara prematur. Oleh karena itu untuk mencegah kelahiran secara prematur anda bisa mengantisipasinya dengan selalu merawat dan juga melindungi kandungan anda. Dan pada masa kehamilan usia 7 bulan ini anda harus semakin rutin melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan atau ke bidan. Hal tersebut sangat penting dilakukan untuk mengetahui perkembangan janin bayi 7 bulan pertama.

Pada perkembangan janin usia 7 bulan dalam kandungan sang ibu harus sangat berhati-hati dalam melakukan segala hal. Termasuk dalam mengerjakan aktifitas sehari-hari. Sebaiknya anda tidak melakukan aktifitas-aktifitas yang menguras tenaga karena akan membuat anda menjadi kelelahan dan hal tersebut akan berdampak buruk dan bahkan bisa sangat fatal bagi kesehatan janin dalam kandungan anda. Karena bisa dibilang usia kandungan 7 bulan adalah usia yang kandungannya bisa dibilang sangat ringkih maka dari itulah sang ibu harus ekstra hati-hati. Pada usia kandungan 7 bulan ini bentuk fisik dari bayi sudah terlihat sempurna dan lengkap namun sayangnya dari segi bobot dan kesempurnaan organ dalam lainnya belum mencukupi untuk lahir.

Baca Juga:  Perkembangan Janin 3 Bulan Dan Keadaan Ibu

Pada perkembangan janin bayi usia 7 bulan ini bayi sudah mulai usil karena pada tahap ini bayi sudah merasa kurang nyaman berada di rahim bayi. Hal tersebut dikarenakan oleh ukuran bayi yang sudah mulai membesar sehingga bayi selalu bergerak untuk menemukan posisi yang nyaman di dalam rahim yang tentu sudah terasa semakin sempit. Jadi jangan kaget bagi anda wanita yang tengah hamil 7 bulan jika anda mengalami hal-hal semacam ini jangan langsung panik karena memang hal tersebut merupakan salah satu tahap yang biasa dilewati oleh janin usia 7 bulan.

Dan pada perkembangan janin usia 25 minggu ini bayi akan mulai bisa melihat walaupun memang yang dia lihat hanyalah keadaan dinding uterus sang ibu. Dan penglihatan tersebut hanya baru terbatas pada frekuensi cahaya saja. Maksudnya adalah janin yang sudah terbentuk tersebut memang sudah bisa melihat namun yang ia lihat adalah hanya dinding uterus ibu yang gelap ataupun terang. Hal ini juga merupakan sebuah pembelajaran yang sangat berharga bagi sang jabang bayi. Karena dengan adanya penglihatan walaupun masih sangat minimal dan hanya bisa melihat perbedaan cahaya saja ternyata pada usia ini bayi sudah mulai memahami adanya siang dan malam.

Selain sudah bisa melihat frekuensi cahaya, pada perkembangan janin usia 26 minggu ini bayi ternyata sudah bisa mendengar. Dengan kondisi fisik bayi yang sudah sempurna, termasuk juga telinga bayi. Bayi sudah bisa mendengarkan sesuatu walaupun apa yang ia dengar masih berupa dengungan. Dan frekuensi suara yang paling sering ia dengar adalah suara orang-orang di sekitarnya, antara lain ayah, ibu, nenek, kakek, kakak, adik atau orang lain yang sering berada di sekitar sang ibu. Dan tidak hanya itu saja, bayi ternyata juga sudah bisa mendengar dan mengenali suara hewan dan suara-suara lain yang sering terdengar di sekitar perut ibu. Namun walaupun masih berupa dengungan pada usia ini bayi sudah membedakan antara suara-suara yang ia dengar. Ia pun sudah bisa membedakan antara suara manusia atau suara musik.

Baca Juga:  Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan Ibu Hamil

Oleh karena itu pernah ada peneliti yang meneliti tentang pengaruh musik terhadap perkembangan janin usia 27 minggu dan ternyata memang ada pengaruhnya. Dari hasil penelitian yang panjang tersebut ditemukan bahwa bayi sudah bisa menikmati musik pada usia kandungan ini. Karena alasan inilah maka sang ibu harus selalu berupaya untuk memperdengarkan hal-hal yang baik untuk pertumbuhan janin. Dan sebaiknya dihindarkan dengan suara-suara yang dapat mengganggu sang janin misalnya suara keributan atau pertengkaran karena akan berdampak buruk bagi kecerdasan emosi sang bayi. Dan yang paling disarankan untuk diperdengarkan pada sang bayi adalah musik klasik atau bagi anda yang muslim anda bisa memperdengarkan bacaan-bacaan ayat suci Al-Quran.

Dan tidak hanya sampai disitu saja, karena perkembangan janin usia 28 minggu ini juga meliputi indera perasannya juga. Yaitu janin sudah bisa ikut merasakan apa yang dimakan oleh sang ibu. Walaupun janin memang belum begitu mengerti mengenai rasa-rasa makanan yang ibu makan namun secara tidak langsung ia ikut merasakan jenis-jenis rasa makanan. Karena alasan inilah ibu hamil tidak diperbolehkan untuk memakan makanan-makanan yang terlalu pedas. Selain indera perasa, organ paru-paru bayi juga ternyata sudah mulai berfungsi. Pada usia ini bayi akan mulai berlatih untuk bernafas. Dan tahukah anda bahwa gerakannya dalam bernafas ini ternyata juga dapat merangsang perkembangan otot-ototnya juga. Sangat hebat bukan?

Dan untuk perkembangan janin dalam 7 bulan ini yang paling mengagumkan adalah bahwa tulang-tulangnya sudah mulai terbentuk dengan sempurna. Dan selain itu janin juga sudah memiliki lemak yang berfungsi sebagai sumber energi bagi sang janin. Dan pada usia kandungan 7 bulan ini janin biasanya telah berkembang hingga ukurannya mencapai sekitar 11 inci. Demikian artikel tentang perkembangan dan pertumbuhan janin usia 7 bulan ini dengan adanya artikel ini diharapkan para ibu bisa mengetahui perkembangan janinnya dan tentunya diharapkan para ibu bisa lebih berhati-hati dalam melakukan apapun karena bisa memiliki dampak bagi janinnya. Dan jika sang ibu mengetahui tahap-tahap perkembangan janin 7 bulan maka janin akan berkembang dengan lebih baik di usia kehamilan berikutnya.

Baca Juga:  Perkembangan Janin 10 Bulan Dan Cara Menghadapinya

Deskripsi: perkembangan janin 7 bulan ini memang sudah sempurna namun jika janin lahir pada usia ini maka bayi membutuhkan perawatan yang khusus.

Leave a Reply