Tips dan Menu Diet Sehat untuk Golongan Darah O

Seperti yang sudah umum diketahui bahwa golongan darah setiap orang ada 4 jenis yaitu A, B, AB dan O. Masing – masing golongan darah memiliki karakteristik yang berbeda. Belakangan ini, populer diet berdasarkan golongan darah. Konsep diet berdasarkan golongan darah pertama kali ditemukan oleh Dr. Peter J. D’Adamo kemudian peneliti lain mengembangkan diet dengan golongan darah.

Salah satu golongan darah yang perlu mendapatkan perhatikan saat diet adalah golongan darah O. Diet yang satu ini lebih mempertimbangkan kerentanan terhadap penyakit dalam menurunkan berat badan sehingga sering dinamakan diet sehat golongan darah o. Diupayakan jauh dari resiko ketika melaksanakannya.

Tips Sehat dan Menu Diet Golongan Darah O

menu-diet-sehat-golongan-darah-o

Pemilik golongan darah O memiliki karakteristik tubuh sebagai berikut :

 Kuat secara fisik

 Masalah berat badan

 Sering merasa lelah

 Resiko tinggi terkena tekanan darah tinggi dan kolesterol

 Sering mengalami gangguan lambung karena kadar asam lambung yang tinggi

 Sering mengalami masalah pencernaan

 Kekebalan tubuh yang kuat sehingga kebal dari penyakit

 Rentan terhadap penyakit dan radang sendi

 Sulit adaptasi dengan lingkungan dan makanan yang baru

Dengan karakteristik di atas, pemilik golongan darah O wajib menerapakan tips diet sehat golongan darah O. Pelaku diet sehat untuk golongan darah O sebaiknya menghindari asupan susu dan produk sejenis susu lainnya karena tipe darah O positif berpotensi menderita gangguan jantung di kemudian hari. Sebelum melakukan diet, golongan darah O wajib meningkatkan jumlah konsumsi makanan berprotein tinggi, rendah lemak dan yang mengandung rendah susu. Diet golongan darah O ini sering tidak sesuai dengan jenis golongan darah lainnya.

Pola Makan dan Menu Diet Sehat Golongan Darah O

Untuk sarapan bisa mengkonsumsi roti bakar, 1 butir telur rebus dan snack sedangkan untuk minumannya dapat memilih air jeruk atau jus ceri. Menu alternatif lainnya untuk sarapan yaitu semangkuk sereal, snack, roti bakar atau 1 mangkuk buah beri kecil-kecil.

Untuk menu makan siang 4 gram ayam panggang atau ikan salmon panggang, salad dengan komposisi tomat, sawi putih, tauge yang diberi minyak zaitun, snack, dan minumannya teh hijau ditambah buah apel. Menu makan malam yaitu 1 potong ikan salmon atau ikan halibut, 1 cangkir sayur kubis kukus atau brokoli kukus, 1 mangkuk salad dengan komposisi mentimun, tauge dan kacang polong.

Buah-buahan yang harus dikonsumsi dalam jumlah cukup beri, apel, jeruk bali, anggur, kiwi, jambu biji, jeruk nipis, melon, mangga, pepaya, nanas, pir dan persik. Sedangkan buah yang harus dihindari yaitu stroberi, kelapa, jeruk, blewah, dan beri hitam serta alpukat dan pisang raja.

Sayuran yang mesti dikonsumsi saat diet yaitu bawang putih, selada, labu kuning, lobak dan brokoli. Sedangkan sayuran yang dikonsumsi dalam jumlah cukup yaitu seledri, ketumbar, timun, wortel, jahe, timun jepang, singkong, labu, tomat, daun bawang, dan paprika. Sayuran yang harus dihindari yaitu terong, kembang kol, kentang dan jamur.

Jika pelaku diet menjalankan tips sehat dan mengkonsumsi makanan yang sesuai maka kesehatan pemilik golongan darah dan penurunan berat badan semakin cepat. Diet cepat dan sehat golongan darah O sudah banyak dicoba oleh beberapa orang dan hasilnya sesuai dengan yang diinginkan. Meskipun banyak ahli nutrisi yang mengatakan bahwa diet berdasarkan golongan darah tidak ada landasan ilmiahnya, tetapi tetap banyak pelaku diet yang menjalankan diet sehat golongan darah O.

Leave a Reply